SELAMAT DATANG DI DUNIA MATEMATIKA

19 April 2009

Silabus

S I L A B U S







Nama sekolah : SD Islam Al Azhar 14 Semarang



Mata pelajaran : Matematika




Kelas/program : VI (enam)/Inti




Semester : I(Satu)











Standar kompetensi :Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.


Kompetensi dasar Materi pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Sumber/
waktu bahan/alat
Menggunakan sifat-sifat Pengerjaan hitung *Melakukan operasi hitung Berdiskusi dan memecahkan 1. Formatif 12 x 35 menit Buku paket
operasi hitung termasuk bilangan bulat. campuran pd bilangan bu- soal. 2. PR

operasi campuran, FPB
lat.
3. Tugas

dan KPK.
*Menggunakan faktorisasi Membuat faktorisasi prima. 4. Portofolio



prima untuk menentukan Membuat faktorisasi prima un-




FPB dan KPK sampai tiga tuk menentukan FPB dan KPK.




bilangan.



Menentukan akar pang- Pengerjaan hitung *Mengenal bilangan kubik. Membuat definisi bilangan kubik 1. Formatif 12 x 35 menit Buku paket
kat tiga suatu bilangan bilangan bulat. *Menuliskan sejumlah bi- Menyebutkan 10 bilangan 2. PR

kubik.
langan kubik. kubik pertama. 3. Tugas



*Mengenal akar pangkat Menyebutkan akar pangkat tiga 4. Portofolio



tiga. dari 10 bilangan kubik pertama.




*Menentukan akar pangkat Mencari akar pangkat tiga dari




tiga dari bilangan kubik. bilangan kubik lainnya.


Menyelesaikan masalah Pengerjaan hitung *Menentukan volume ku- Mengukur panjang rusuk kubus 1. Formatif 12 x 35 menit Buku paket
yang melibatkan operasi bilangan bulat. bus yang diketahui pan- untuk mengetahui volumenya. 2. PR

hitung termasuk penggu-
jang rusuknya.
3. Tugas

naan akar dan pangkat.
*Menentukan panjang ru- Berdiskusi memecahkan soal- 4. Portofolio



suk sebuah kubus yang di soal cerita.




ketahui volumenya.





*Mengerjakan soal cerita.










S I L A B U S







Nama sekolah : SD Islam Al Azhar 14 Semarang



Mata pelajaran : Matematika




Kelas/program : VI (enam)/Inti




Semester : I(Satu)











Standar kompetensi :Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.

Kompetensi dasar Materi pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Sumber/
waktu bahan/alat
Mengenal satuan debit Pengukuran *Mengenal istilah debit. Meneliti debit kran air. 1. Formatif 8 x 35 menit Buku paket

Debit *Mencari hubungan antara Berdiskusi mencari hubungan 2. PR



debit dengan kecepatan. debit dan kecepatan. 3. Tugas



*Membuat rumus debit. Berdiskusi membuat rumusan 4. Portofolio




debit.
















Menyelesaikan masalah Pengukuran *Menentukan besar debit Melakukan diskusi dan menger- 1. Formatif 6 x 35 menit Buku paket
yang berkaitan dengan Debit *Menentukan volume air. jakan soal-soal. 2. PR
Alat peraga
satuan debit.
*Menentukan waktu yang
3. Tugas



diperlukan untuk satuan
4. Portofolio



volume tertentu.
























S I L A B U S







Nama sekolah : SD Islam Al Azhar 14 Semarang



Mata pelajaran : Matematika




Kelas/program : VI (enam)/Inti




Semester : I(Satu)











Standar kompetensi :Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.

Kompetensi dasar Materi pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Sumber/
waktu bahan/alat
Menghitung luas segi ba- Pengukuran *Mengingat kembali cara Menyebutkan rumus luas ba- 1. Formatif 12 x 35 menit Buku paket
nyak yang merupakan Luas menghitung luas bangun ngun-bangun datar. 2. PR
Alat peraga
gabungan dari dua ba-
datar sederhana.
3. Tugas

ngun datar sederhana.
*Menghitung luas gabung- Membuat tangram dan berdis- 4. Portofolio



an dua bangun datar. kusi untuk menentukan luasnya.




*Menghitung luas gabung-





an beberapa bangun datar.






































Menghitung luas lingkaran Pengukuran *Mengingat kembali unsur- Menderkripsikan tentang jari- 1. Formatif 8 x 35 menit Buku paket

Luas unsur penting pada ling- jari dan diameter. 2. PR
Alat peraga


karan (jari-jari, diameter).
3. Tugas



*Mengingat kembali rumus Menyebutkan rumus luas ling- 4. Portofolio



luas lingkaraan. karan.




*Menghitung luas lingkar- Berdiskusi dan memecahkan




an. soal-soal.









Menghitung volume pris- Pengukuran *Mendeskripsikan prisma Mendeskripsikan prisma segi- 1. Formatif 14 x 35 menit Buku paket
ma segitiga dan tabung. Volume segitiga. tiga dengan unsur-unsurnya. 2. PR
Alat peraga


*Menemukan rumus vo- Berdiskusi untuk menemukan 3. Tugas



lume prisma segitiga. rumus volume prisma segitiga. 4. Portofolio



*Mendeskripsikan tabung. Mendeskripsikan tabung dengan




*Menemukan rumus vo- unsur-unsurnya.




lume tabung. Berdiskusi untuk menemukan




*Memecahkan soal-soal. rumus volume tabung.





Memecahkan soal-soal.


S I L A B U S







Nama sekolah : SD Islam Al Azhar 14 Semarang



Mata pelajaran : Matematika




Kelas/program : VI (enam)/Inti




Semester : I(Satu)











Standar kompetensi :Mengumpulkan dan mengolah data.



Kompetensi dasar Materi pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Sumber/
waktu bahan/alat
Mengumpulkan dan mem- Penyajian data *Mengumpulkan data. Mengadakan survey sederhana. 1. Formatif 6 x 35 menit Buku paket
baca data.
*Membaca tampilan data. Membaca data absensi siswa 2. PR
Alat peraga


*Membuat kesimpulan dari Membuat ringkasan sederhana 3. Tugas



tampilan data yang telah dari data absensi siswa. 4. Portofolio



dibaca.










Mengolah dan menyajikan Penyajian data *Mengolah data. Menuliskan data hasil survey 1. Formatif 6 x 35 menit Buku paket
data dalam bentuk tabel.
*Menyajikan data dalam pada sebuah tabel. 2. PR



tabel.
3. Tugas





4. Portofolio

Menafsirkan sajian data. Penyajian data *Menentukan data teren- Berdiskusi untuk: 1. Formatif 8 x 35 menit Buku paket


dah. menentukan data terendah. 2. PR



*Menentukan data tertinggi menentukan data tertinggi. 3. Tugas



*Menentukan data yang menentukan modus. 4. Portofolio



sering muncul (modus) menentukan rata-rata.




*Menentukan rata-rata.































Mengetahui


Semarang, 12 Juli 2008
Kepala SDI Al Azhar 14 Semarang


Guru Bidang




























Markaban, S.Pd


Restu M. Hadi